I Hope, I Help You Find What You Want ^_^

I Hope, I Help You Find What You Want , if you need help, just ask me ^_^

Saturday, June 18, 2016

Minat Beli Konsumen

Minat beli sebagai  kecenderungan konsumen untuk membeli suatu merek atau mengambil tindakan yangberhubungan dengan pembelian yang diukur dengan tingkat kemungkinan konsumen melakukan pembelian. menurut Simamora (2002) minat adalah sesuatu yang pribadi dan berhubungan dengan sikap, individu yang berminat terhadap suatu obyek akan mempunyai kekuatan atau dorongan untuk melakukan serangkaian tingkah laku untuk mendekati atau mendapatkan objek tersebut. Menurut Kotler, Bowen dan Makens (1999) mengenai minat beli : minat beli timbul setelah adanya proses evaluasi alternatif dan di dalam proses evaluasi, seseorang akan membuat suatu rangkaian pilihan mengenai produk yang hendak dibeli atas dasar merek maupun minat
Minat konsumen tumbuh karena suatu motif berdasarkan atribut-atribut sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya dalam menggunakan suatu pelayanan jasa, berdasarkan hal tersebut maka analisa mengenai bagaimana proses minat dari dalam diri konsumen sangat penting dilakukan.Minat (intention) merupakan suatu kecenderungan untuk melakukan tindakan terhadap obyek (Assael 1998). (Dharmmesta 1998) menjelaskan, minat terkait dengan sikap dan perilaku. Minat dianggap sebagai suatu “penangkap” atau perantara antara faktor-faktor motivasional yang mempengaruhi perilaku, minat juga mengindikasikan seberapa keras seseorang mempunyai kemauan untuk mencoba. 
Perilaku minat konsumen merupakan hasil dari evaluasi terhadap merek atau jasa. Tahapan terakhir dari proses tersebut adalah pengambilan keputusan secara kompleks termasuk menggunakan merek atau jasa yang diinginkan, mengevaluasi merek atau jasa tersebut pada saat digunakan dan menyimpan informasi untuk digunakan pada masa yang akan datang.
Minat yang cenderung kurang kepada suatu pelayanan jasa terutama di bidang pendidikan menyebabkan berkurangnya jumlah konsumen yang akan menggunakan jasa tersebut. Pemecahan masalah hal tersebut bisa memiliki sumber masalah pada pencitraan yang buruk dari perusahaan tersebut, promosi yang dilakukan perusahaan sangatlah kurang sehingga informasi tentang jasa yang ditawarkan tidak sampai ke konsumen atau masalah kualitas pelayanan yang kurang memuaskan membuat konsumen cenderung enggan menggunakan jasa tersebut.

Kecenderungan seseorang menunjukkan minat terhadap suatu produk atau jasa dapat dilihat berdasarkan ciri-ciri :
  1. Kemauan untuk mencari informasi terhadap suatu produk atau jasa Konsumen yang memiliki minat, memiliki suatu kecenderungan untuk mencari informasi lebih detail tentang produk atau jasa tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui secara pasti bagaimana spesifikasi produk atau jasa yang digunakan, sebelum menggunakan produk atau jasa tersebut.
  2. Kesediaan untuk membayar barang atau jasa Konsumen yang memiliki minat terhadap suatu produk atau jasa dapat dilihat dari bentuk pengorbanan yang dilakukan terhadap suatu barang atau jasa, konsumen yang cenderung memiliki minat lebih terhadap suatu barang atau jasa akan bersedia untuk membayar barang atau jasa tersebut dengan tujuan konsumen yang berminat tersebut dapat menggunakan barang atau jasa tersebut.
  3. Menceritakan hal yang positif Konsumen yang memiliki minat besar terhadap suatu produk atau jasa, jika di tanya konsumen lain, maka secara otomatis konsumen tersebut akan mencitrakan hal yang positif terhadap konsumen lain, karena konsumen yang memiliki suatu minat secara eksplisit memiliki suatu keinginan dan kepercayaan terhadap suatu barang atau jasa yang digunakan.
  4. Kecenderungan untuk merekomendasikan Konsumen yang memiliki minat yang besar terhadap suatu barang, selain akan menceritakan hal yang positif, konsumen tersebut juga akan merekomendasikan kepada orang lain untuk juga menggunakan barang atau jasa tersebut, karena seorang yang memiliki minat yang besar terhadap suatu barang akan cenderung memiliki pemikiran yang positif terhadap barang atau jasa tersebut, sehingga jika ditanya konsumen lain, maka konsumen tersebut akan cenderung merekomendasikan kepada konsumen lain.
Menurut Engel at.al (1994) faktor – faktor  yang mempengaruhi  perilaku konsumen  tersebut adalah  faktor lingkungan, perbedaan individual dan faktor  psikologis. Berikut  penjelasan dari ketiga  faktor tersebut :

1. Faktor Lingkungan
Para konsumen  hidup dalam lingkungan yang serba kompleks, dimana proses  kebutuhan mereka  dipengaruhi oleh  lima  faktor  yaitu  :
  1. Budaya, mencakup  pada nilai-nilai, gagasan, dan simbol – simbol  yang bermakna  untuk membantu  individu  dalam berkomunikasi, melaksanakan  penafsiran  dan evaluasi berbagai gejala didalam masyarakat.
  2. Kelas Sosial, merupakan  pembagian  didalam  masyarakat  yang terdiri  dari individu  dengan berbagi nilai, minat  dan perilaku yang sama.
  3. Pengaruh Pribadi, merupakan   respon  seseorang terhadap tekanan yang dirasakan  untuk menyesuaikan diri  dengan  norma  dan harapan  yang diberikan  oleh orang lain.
  4. Keluarga, merupakan  unit pengambilan  keputusan utama, dengan pola peranan dengan  fungsi yang kompleks  dan bervariasi.
2. Faktor  perbedaan Individu
Perbedaan individu  merupakan  faktor internal  yang menggerakkan  dan mempengaruhi  perilaku  suatu  individu, perbedaan  ini  disebabkan oleh lima faktor yaitu :
  1. Sumber daya konsumen, dimana setiap orang membawa tiga  sumber daya  dalam setiap situasi pengambilan  keputusan  yakni waktu, dana dan perhatian.
  2. Motivasi dan Keterlibatan, motivasi merupakan  faktor terpenting dalam hal  mengendalikan  pribadi yang dirasakan  atau minat yang timbul  dalam situasi yang spesifik. Dan keterlibatan merupakan  refleksi dari motivasi yang kuat  dan  sangat dirasakan  dari suatu produk dan jasa  dalam hal tertentu.
  3. Pengetahuan, merupakan  informasi yang disimpan  dalam ingatan, dimana  pengetahuan  konsumen   mencakupi susunan luas informasi seperti  ketersedian dan  karakteristik produk dan jasa, dimana dan kapan  untuk membeli  dan  bagaimana menggunakan produk.
  4. Sikap (attitude),  merupakan  suatu evaluasi menyeluruh  yang memungkinkan  orang  berespons dengan cara  menguntungkan  atau tidak menguntungkan secara  konsisten  berkenaan dengan  objek atau alternatif  yang diberikan.
  5. Kepribadian, Gaya hidup dan Demografi.  Kepribadian  merupakan  karakteristik  psikologis  yang berbeda dari setiap  orang yang memandang  responnya terhadap  lingkungan  yang konsiten. Gaya hidup adalah  pola  hidup seseorang yang  di ekspresikan  oleh kegiatan, minat dan pendapat seseorang, sedangkan Demografi  yang   tujuannya adalah  mendeskripsikan  pangsa konsumen seperti usia,  pendapatan,  dan pendidikan.
3. Faktor Proses Psikologis
a.  Pengolahan Informasi yang menyampaikan  cara – cara dimana  informasi  ditransformasikan, dikurangi, dirinci, disimpan dan  didapatkan kembali dan disimpan, ini begitu penting bagi komunikasi pemasaran sehingga  pengolahan  informasi mendominasi  bidang penelitian  konsumen.
b.   Pembelajaran, merupakan  proses dimana   pengalaman  menyebabkan  perubahan dalam pengetahuan atau perilaku.
c.   Perubahan sikap dan perilaku, menggambarkan  pengaruh psikologis  dasar yang menjadi subjek dari  beberapa penelitian.

Swastha dan Irawan (2001) mengemukakan faktor-faktor yang mempengaruhi minat membeli berhubungan dengan perasaan dan emosi, bila seseorang merasa senang dan puas dalam membeli barang atau jasa maka hal itu akan memperkuat minat membeli, ketidakpuasan biasanya menghilangkan minat.Menurut (Lidyawatie, 1998) menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat, yaitu :
  1. Perbedaan pekerjaan, artinya dengan adanya perbedaan pekerjaan seseorang dapat diperkirakan minat terhadap tingkat pekerjaan yang ingin dicapainya, aktivitas yang dilakukan, penggunaan waktu senggangnya, dan lain-lain.
  2. Perbedaan sosial ekonomi, artinya seseorang yang mempunyai sosial ekonomi tinggi akan lebih mudah mencapai apa yang diinginkannya daripada yang mempunyai sosial ekonomi rendah.
  3. Perbedaan hobi atau kegemaran, artinya bagaimana seseorang menggunakan waktu senggangnya.
  4. Perbedaan jenis kelamin, artinya minat wanita akan berbeda dengan minat pria, misalnya dalam pola belanja.
  5. Perbedaan usia, artinya usia anak-anak, remaja, dewasa dan orangtua akan berbeda minatnya terhadap suatu barang, aktivitas benda dan seseorang.

Minat Pembelian Ulang (Future Intention)

Pembelian ulang (repeat purchase) menurut Peter/Olsen (2002) Merupakan kegiatan pembelian yang dilakukan lebih dari satu kali atau beberapa kali. Kepuasan yang diperoleh seorang konsumen, dapat mendorong ia melakukan pembelian ulang (repeat purchase), menjadi loyal terhadap produk tersebut ataupun loyal terhadap toko tempat dia membeli barang tersebut sehingga konsumen dapat menceritakan hal-hal yang baik kepada orang lain. Menurut Schiffman & Kanuk (2000) perilaku pembelian ulang itu sangat berhubungan dengan konsep dari brand loyalty, dimana kebanyakan perusahaan mendukung karena hal ini memilki kontribusi yang besar untuk kestabilan yang baik di dalam marketplace. Konsumen yang merasa senang dan puas akan barang / jasa yang telah dibelinya, akan berpikir untuk membeli ulang kembali barang / jasa tersebut. Pembelian yang berulang akan membuat konsumen menjadi loyal terhadap suatu barang / jasa (Band, 1991).

No comments:

Post a Comment