I Hope, I Help You Find What You Want ^_^

I Hope, I Help You Find What You Want , if you need help, just ask me ^_^

Monday, July 4, 2016

PT Dua Kelinci Terobos Pasar Global

PT Dua Kelinci, produsen kacang olahan terkemuka di Indonesia terus berinovasi menembus  jaringan distribusi di luar negeri. Rencananya tahun 2012 ini, berniat menerobos pasar di Nigeria, Afrika. Saat ini, produk Dua Kelinci telah dieskpor ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Amerika, Belanda dan Saudi Arabia.
"Betul, kami tengah mempersiapkan pasar baru di Afrika. Ya, kemungkinan pada semester II 2012, Kacang Dua Kelinci bisa mulai melakukan distribusi ke negara Nigeria," ungkap Theo T. Gazali, Sales and Marketing Director PT Dua Kelinci saat melaunching "Dua Kelinci - Indonesia Mengoper Bola 2012", di Jakarta, pekan lalu.
Diakuinya, potensi peluang pasar di Afrika, khususnya Nigeria sangat besar. Apalagi, hingga kini belum banyak produk kacang olahan yang dipasarkan di negara itu. Dua Kelinci sudah melakukan penjajakan lebih mendalam, ternyata potensinya luar biasa.
Agar bisa masuk ke negara Nigeria, Dua Kelinci menjalani kerjasama pemasaran dengan sebuah distributor di negara itu. Sehingga Dua Kelinci akan memasok sesuai kebutuhan pasar yang ada, jelas Theo.
Jantung distribusi penjualan Dua Kelinci yang terbesar masih di dalam negeri dengan market share mencapai 90 persen, sisanya 10 persen di ekspor ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Amerika, Belanda dan Saudi Arabia.
"Target kami, lima tahun ke depan, grafik ekspor akan semakin ditingkatkan hingga bertambah 5 persen -10 persen. Strategi peningkatan ekspor itu dengan secara gencar memasarkan produk ke negara-negara lain," tambahnya. Semula Kacang Dua Kelinci bernama "Sari Gurih' dengan logo gambar dua kelinci, yang hadir  sejak tahun 1972 di Surabaya. Ternyata produk ini mengalami perkembangan luar biasa  sehingga menjadi industri di tahun 1985 dengan didirikannya PT Dua Kelinci di Pati Kudus.
Ditunjang dengan peralatan mesin produksi berteknologi modern serta tim riset dan pengembangan yang solid, menjadikan Dua Kelinci sebagai salah satu produsen kacang yang terkenal di Indonesia serta mancanegara. 
Kini PT Dua Kelinci telah mengembangkan sayapnya dan memproduksi beragam produk yang  mencapai lebih dari 80 varian,seperti kacang kulit,kacang bersalut tepung,kacang rendah  lemak juga memproduksi minuman dan jus cup. "Kami belum berencana menambah jumlah pabrik. Kami optimalkan dulu pabrik di Pati, yang kapasitas produksinya lebih dari cukup," tambah Deputi Direktur PT Dua Kelinci, Edwin Sutiono. 
Edwin menambahkan tahun ini perusahaan kacang olahan ini, akan fokus untuk mengoptimalisasi perusahaan. Tujuan besarnya adalah untuk melakukan transisi dari perusahaan keluarga menjadi perusahaan profesional di bawah slogan Challenge to Change. 
Ditegaskan, PT Dua Kelinci juga memiliki tanggung jawab sosial masyarakat melalui kegiatan sepakbola. Dua Kelinci juga punya program acara tahunan dengan mendatangkan pemain bola ternama agar mentrasfer ilmunya ke anak bangsa yang gemar sepakbola.
Agar lebih memperkenalkan produk Dua Kelinci kepada masyarat indonesia pada tahun 2011 digelar sebuah event akbar dengan Real Madrid bertajuk "Indonesia Menggiring Bola 2011" dengan mendatangkan pemain legendaris Real Madrid Luis Figo dengan total peserta 50.000 orang bersama sama menggiring bola. Tahun 2012, Dua Kelinci kembali menghadirkan pemain kelas dunia dari Real Madrid yakni Xabi Alonso, yang mengajak masyarakat pecinta sepakbola Indonesia langsung bertatap muka dengan Xabi. Dengan bertemakan "Indonesia Mengoper Bola 2012" digelar empat kota besar yakni Semarang, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Neni S Soewond, Marketing Manager Dua Kelinci menjelaskan Dua Kelinci dalam strategi untuk mendekatkan produknya kepada masyarakat Indonesia sangat menyadari sepakbola menjadi bagian penting dari lifestyle masyarakat indonesia.
Kampanye yang diluncurkan Dua Kelinci,yakni Loves,Lives Real Soccer ditujukan untuk memfasilitasi kecintaan masyarakat indonesia yang menjadikan sepakbola berkelas sebagai bagian penting dalam hidup, sambungnya."Dua Kelinci mengajak masyarakat Indonesia untuk terus semangat, dengan meningkatkan spirit olahraga sepakbola agar dapat meningkatkan prestasi sepak bola di kancah internasional,"

No comments:

Post a Comment