PT Dua Kelinci, produsen kacang olahan
terkemuka di Indonesia terus berinovasi menembus jaringan distribusi di luar negeri. Rencananya tahun 2012 ini, berniat
menerobos pasar di Nigeria, Afrika. Saat ini, produk Dua Kelinci telah dieskpor
ke berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Amerika,
Belanda dan Saudi Arabia.
"Betul, kami tengah mempersiapkan pasar
baru di Afrika. Ya, kemungkinan pada semester II 2012, Kacang Dua Kelinci bisa
mulai melakukan distribusi ke negara Nigeria," ungkap Theo T. Gazali,
Sales and Marketing Director PT Dua Kelinci saat melaunching "Dua Kelinci
- Indonesia Mengoper Bola 2012", di Jakarta, pekan lalu.
Diakuinya, potensi peluang pasar di Afrika,
khususnya Nigeria sangat besar. Apalagi, hingga kini belum banyak produk kacang
olahan yang dipasarkan di negara itu. Dua Kelinci sudah melakukan penjajakan lebih mendalam,
ternyata potensinya luar biasa.
Agar bisa masuk ke negara Nigeria, Dua Kelinci
menjalani kerjasama pemasaran dengan sebuah distributor di negara itu. Sehingga
Dua Kelinci akan memasok sesuai kebutuhan pasar yang ada, jelas Theo.
Jantung distribusi penjualan Dua Kelinci yang
terbesar masih di dalam negeri dengan market share
mencapai 90 persen, sisanya 10 persen di ekspor ke berbagai negara seperti
Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Amerika, Belanda dan Saudi Arabia.
"Target kami, lima tahun ke depan, grafik
ekspor akan semakin ditingkatkan hingga bertambah 5 persen -10 persen. Strategi
peningkatan ekspor itu dengan secara gencar memasarkan produk ke negara-negara
lain," tambahnya. Semula Kacang Dua Kelinci
bernama "Sari Gurih' dengan logo gambar dua kelinci, yang hadir sejak tahun 1972 di Surabaya. Ternyata produk ini mengalami perkembangan
luar biasa sehingga menjadi industri di tahun 1985 dengan
didirikannya PT Dua Kelinci di Pati Kudus.
Ditunjang dengan peralatan mesin produksi
berteknologi modern serta tim riset dan pengembangan yang solid, menjadikan Dua
Kelinci sebagai salah satu produsen kacang yang terkenal di Indonesia serta
mancanegara.
Kini PT Dua Kelinci telah mengembangkan
sayapnya dan memproduksi beragam produk yang mencapai lebih dari 80 varian,seperti kacang
kulit,kacang bersalut tepung,kacang rendah
lemak juga memproduksi minuman dan jus cup. "Kami
belum berencana menambah jumlah pabrik. Kami optimalkan dulu pabrik di Pati,
yang kapasitas produksinya lebih dari cukup," tambah Deputi Direktur PT
Dua Kelinci, Edwin Sutiono.
Edwin menambahkan tahun ini perusahaan kacang
olahan ini, akan fokus untuk mengoptimalisasi perusahaan. Tujuan besarnya
adalah untuk melakukan transisi dari perusahaan keluarga menjadi perusahaan
profesional di bawah slogan Challenge to Change.
Ditegaskan, PT Dua Kelinci juga memiliki
tanggung jawab sosial masyarakat melalui kegiatan sepakbola. Dua Kelinci juga punya
program acara tahunan dengan mendatangkan pemain bola ternama agar mentrasfer
ilmunya ke anak bangsa yang gemar sepakbola.
Agar lebih memperkenalkan produk Dua Kelinci
kepada masyarat indonesia pada tahun 2011 digelar
sebuah event akbar dengan Real Madrid bertajuk "Indonesia Menggiring Bola
2011" dengan mendatangkan pemain legendaris Real Madrid Luis Figo dengan
total peserta 50.000 orang bersama sama menggiring bola. Tahun 2012, Dua Kelinci kembali menghadirkan pemain
kelas dunia dari Real Madrid yakni Xabi Alonso, yang mengajak masyarakat
pecinta sepakbola Indonesia langsung bertatap muka dengan Xabi. Dengan
bertemakan "Indonesia Mengoper Bola 2012" digelar empat kota besar
yakni Semarang, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Neni S Soewond, Marketing Manager Dua Kelinci menjelaskan Dua Kelinci
dalam strategi untuk mendekatkan produknya kepada masyarakat Indonesia sangat
menyadari sepakbola menjadi bagian penting dari lifestyle masyarakat indonesia.
Kampanye yang diluncurkan Dua Kelinci,yakni
Loves,Lives Real Soccer ditujukan untuk memfasilitasi
kecintaan masyarakat indonesia yang menjadikan sepakbola berkelas sebagai
bagian penting dalam hidup, sambungnya."Dua Kelinci mengajak masyarakat
Indonesia untuk terus semangat, dengan meningkatkan spirit olahraga sepakbola
agar dapat meningkatkan prestasi sepak bola di kancah internasional,"
No comments:
Post a Comment