SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness,
Opportunities, dan Threats. Seperti namanya, Analisis SWOT merupakan
suatu teknik perencanaan strategi yang bermanfaat untuk mengevaluasi Kekuatan (Strength) dan
Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities)
dan Ancaman (Threats) dalam
suatu proyek, baik proyek yang sedang berlangsung maupun dalam perencanann
proyek baru. Analisis SWOT merupakan suatu
bentuk analisis yang digunakan oleh manajemen perusahaan atau organisasi yang
sistematis dan dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang
untuk mencapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut. analisis
SWOT juga dapat
diartikan sebagai sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat
deskriptif (memberi suatu gambaran) tentang sebuah perusahan atau oraganisasi.
Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor yang di
jadikan masukan. Dan kemudian masukan tersebut dikelompokkan sesuai
kontribusinya masing-masing.Analisis SWOT pertama kali
diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an dalam memimpin proyek
riset di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari
perusahaan-perusahaan Fortune 500
Jika digunakan dengan baik dan
benar, maka analisis ini akan dapat digunakan untuk membantu melihat
sisi-sisi yang terabaikankan atau tidak terlihat dari sebuah perusahaan atau
organisasi. Dari uraian diatas tadi, analisis SWOT adalah instrumen yang
bermanfaat dalam melakukan analisis strategi dalam manajemen perusahaan atau
organisasi . Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisir kelemahan
atau kekurangan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta
menekan dampak dari ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Analisis
SWOT terdiri dari 4 komponen dasar yaitu :
- Strength (Kekuatan) atau disingkat dengan
“S”, yaitu karakteristik organisasi ataupun proyek yang memberikan
kelebihan / keuntungan dibandingkan dengan yang lainnya.
- Weakness (Kelemahan) atau disingkat
dengan “W”, yaitu karakteristik yang berkaitan dengan kelemahan pada
organisasi ataupun proyek dibandingkan dengan yang lainnya.
- Opportunities (Peluang) atau disingkat
dengan “O”, yaitu Peluang yang dapat dimanfaatkan bagi organisasi ataupun
proyek untuk dapat berkembang di kemudian hari.
- Threats (Ancaman) atau disingkat
dengan “T”, yaitu Ancaman yang akan dihadapi oleh organisasi ataupun
proyek yang dapat menghambat perkembangannya.
Dari keempat
komponen dasar tersebut, Strength (kekuatan) dan Weakness (Kelemahan)
adalah faktor internal organisasi/proyek itu sendiri, sedangkan Oppoturnities (Peluang)
dan Threats (Ancaman)
merupakan faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan organisasi ataupun
proyek. Oleh karena itu, Analisis SWOT juga sering disebut dengan Analisis
Internal-Eksternal (Internal-External Analisis) dan Matriks SWOT juga sering
dikenal dengan Matrix IE (IE Matrix).
Untuk melakukan Analisis SWOT, kita perlu membuat beberapa pertanyaan
dan menjawabnya sendiri seperti contoh-contoh berikut ini :
Strength (Kekuatan) atau disebut sebagai analisis
kekuatan
Yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran kekuatan dari suatu
organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang harus di lakukan dalam
mengunakan analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai
kekuatan dan kelemahan yang dimiliki kemudian dibandingkan dengan para
pesaing-pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul didalam
kualitasnya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar
yang membutuhkan tingkat kualitas yang lebih baik.
- Kelebihan
apa yang dimiliki oleh organsiasi/perusahaan ?
- Apa
yang membuat organisasi lebih baik dari organisasi lainnya?
- Keunikan
apa yang dimiliki oleh organisasi/perusahaan ?
- Apa
yang menyebabkan kita mendapatkan penjualan ?
- Apa
yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelebihan ?
Weakness (Kelemahan)
atau disebut sebagai analisi
kelemahan
Yakni situasi ataupun kondisi yang merupakan gambaran kelemahan dari suatu
organisasi atau perusahaan pada saat ini. Weaknesses merupakan cara untuk
menganalisis kelemahan yang ada dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi. Yang
mana kelemahan tersebut dapat menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu
perusahaan atau organisasi. Misalnya jika perusahaan tersebut terdapat kendala
dalam pemasaran yang kurang baik, maka perusahaan harus meneliti
kekurangan-kekurangan yang di miliki yang berhubungan dengan sektor pemasaran.
Agar nantinya permasalahan tersebut tidak membuat perusahaan menjadi kalah
saing dan mudur di bandingkan perusahaan lainnya.
- Apa
yang dapat ditingkatkan dalam organisasi/perusahaan ?
- Apa
yang harus dihindari oleh organisasi/perusahaan ?
- Faktor apa
yang menyebabkan kehilangan penjualan ?
- Apa
yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan
organisasi/perusahaan ?
- Apa
yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari
organisasi/perusahaan ?
Opportunities (Peluang)
atau disebut sebagai analisis peluang
Yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran peluang yang ada dari
sisi luar suatu organisasi atau perusahaan dan gambaran tersebut dapat
memberikan peluang berkembangnya suatu organisasi atau perusahaan dimasa depan.
Opportunity merupakan ananlisis yang digunakan untuk mencari peluang ataupun
terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa
berkembang. Baik dimasa kinia ataupun masa yang akan datang. Misalnya sebuah
perusahaan industri minuman berada di daerah yang panas. Yang mana daerah
tersebut sangat membutuhkan minuman segar dengan harga yang terjangkau. Maka
perusahaan tersebut memiliki peluang untuk menciptaka produk minuman yang segar
dan harganya terjanggaku.
- Kesempatan
apa yang dimiliki ?
- Perkembangan
tren apa yang sejalan dengan organisasi/perusahaan ?
Threats (Ancaman)
atau disebut sebagai analisis ancaman
Yakni situasi atau kondisi yang merupakan gambaran ancaman dari suatu
perusahaan atau oraganisasi dalam menjalankan suatu usaha. Theart merupakan
cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu
perusahaan ataupun organisasi dalam menghadapi berbagai macam faktor lingkungan
yang tidak menguntungkan. Yang mana ancaman tersebut dapat menyebabkan
kemunduran suatu perusahaan. Jika tidak segera di atasi, maka ancaman tersebut
akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang yang akan dijalankan. Misalnya
sebuah organisasi kelompok pengrajin rotan di daerah pedesaan. Dengan kondisi
lingkungan yang semakin moderen serta banyaknya kebakaran hutan yang terjadi
membuat mereka semakin sulit untuk memperoleh bahan baku, Maka oragnisasi
tersebut dapat menganalisis hal-hal apa yang menyebapkan tantangan atau ancaman
tersebut terjadi.
- Hambatan
apa yang di hadapi sekarang ?
- Apa
yang dilakukan oleh pesaing ?
- Perkembangan
Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi organisasi/perusahaan ?
- Adakah
perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan organisasi/perusahaan ?
Faktor-faktor yang mempengaruhi keempat komponen dasar Analisis SWOT:
Faktor Internal (Strength dan Weakness)
- Sumber daya yang dimiliki
- Keuangan atau Finansial
- Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
- Pengalaman-pengalaman organisasi sebelumnya (baik yang berhasil
maupun yang gagal)
Faktor
Eksternal (Opportunities dan Threats)
- Tren
- Budaya, Sosial Politik, Ideologi, perekonomian
- Sumber-sumber permodalan
- Peraturan Pemerintah
- Perkembangan Teknologi
- Peristiwa-peristiwa yang terjadi
- Lingkungan
No comments:
Post a Comment