Blue Ocean Strategy
Blue Ocean Strategy merupakan
salah satu metode yang digunakan untuk menciptakan pasar baru, ketika pasar
tersebut sudah mengalami kejenuhan atau dengan kata lain tidak ada pangsa pasar
yang lebih yang didapat diambil di pasar tersebut.
Blue
Ocean, didefinisikan sebagai ruang pasar yang belum dimanfaatkan, menciptakan
permintaan, dan peluang pertumbuhan yang sangat menguntungkan. Para pencipta
blue ocean tidak menggunakan kompetisi sebagai patokan mereka. Sebaliknya,
mereka mengikuti logika strategis berbeda yang disebut inovasi nilai. Inovasi
nilai adalah landasan dari strategi blue ocean. Dalam strategi blue ocean
inovasi nilai karena alih-alih berfokus pada mengalahkan persaingan di pasar
yang ada ruang, perusahaan fokus pada keluar dari batasan-batasan pasar yang
ada dengan menciptakan lompatan nilai bagi pembeli dan perusahaan yang
meninggalkan kompetisi belakang. Ide-ide ini menantang pemikiran strategis
konvensional dan didukung oleh penelitian yang luas. Dalam dekade terakhir,
telah dibuat database yang mencakup lebih dari 30 industri akan kembali dari
100 tahun yang lalu. Saat ini dunia bisnis telah dihadapkan pada salah
satu pelajaran kunci kekayaan penciptaan dalam sejarah. Penelitian yang
dilakukan oleh W.Chan Kim dan Renee Mauborgne menunjukkan bahwa sumber utama
penciptaan kekayaan dari waktu ke waktu bukan industri dimana perusahaan
bermain. Juga tidak ditemukan secara permanen perusahaan besar yang secara
konsisten menciptakan dan menangkap kekayaan.
Menurut
sejarah bisnis mengungkapkan bahwa tidak ada perusahaan yang terus-menerus
unggul atau terus-menerus baik dalam industrinya. Perusahaan dan industri naik
dan turun berdasarkan langkah-langkah strategis yang dibuat.
Strategi Blue Ocean Air Asia
Maskapai
Air Asia merupakan perusahaan penerbangan di wilayah Asia Tenggara yang
menerapkan prinsip low cost
carrier, dimana Air Asia melihat peluang bahwa penumpang pesawat terbang
tidak membutuhkan makan dalam penerbangan jarak dekat, pemilihan tempat duduk
di pesawat terbang, dan proses pembelian tiket yang berbelit–belit yang mereka
butuhkan adalah ketepatan waktu dalam berangkat dan ketepatan waktu dalam
sampai, proses pembelian tiket dengan mudah, dan dapat tempat duduk ketika
mereka terbang. Oleh karena itu air asia keluar dari industri penerbangan
pada umumnya dimana pada industri ini biasanya menawarkan kenyamanan ekstra dan
harga tiket dengan sangat mahal, air asia menawarkan harga tiket sangat murah
(dengan harga 50% -80% lebih murah daripada pesaingnya) dan ketepatan
waktu serta proses pembelian tiket secara mudah cepat dan aman lewat sistem
online. Ketika itu Air Asia tidak memiliki pesaing sama sekali dan berhasil
keluar persaingan secarahead to head dan
masuk kedalam blue ocean.
Air
Asia bisa mencapai sukses dikarenakan Air Asia menawarkan value yang orang lain ingin
membelinya, bukan hanya sekedar value tetapi value yang dapat menghasilkan
keunggulan kompetitif yaitu value-innovation.
Sebuah
value-innovation yaitu menciptakan nilai tambah atau meningkatkan suatu produk/jasa yang tidak
pernah ditawarkan pasar bagi pelanggan dan menghilangkan atau mengurangi biaya
yang timbul akibat suatu produk / jasa yang akan diciptakan. Kedua elemen tersebut harus
ada, karena jika kita hanya meningkatkanvalue saja
tanpa memikirkan biaya yang timbul maka akan tercipta suatu produk yang
harganya mahal yang hanya akan menimbulkan kerugian. sedangkan maskapai Air
Asia hanya menurunkan cost atau
biaya saja, mungkin tidak ada yang dapat diciptakan atau nilai tambah bagi
produk tersebut. value-innovation merupakan
hal yang harus dipegang ketika ingin mencipkatan produk/jasa yang baru.
Dalam
maskapai Air Asia dapat dilihat bagaimana cara agar mendapatkan value-innovation yang baik bagi
perusahaan dan pada akhirnya dapat menciptakan suatu blue oceanyang baik. Untuk dapat
memahami cara -caranya, Kim dan Renee membaginya menjadi Analytical Tools and Frameworks
Analytical Tools and Frameworks
Analytical Tools and Frameworks merupakan tools yang digunakan sebagai
dasar pemahaman dalam blue
ocean strategy karena tools ini
akan digunakan pada suatu perusahaan yang ingin menciptakan pasar baru dalam
industri yang sudah ada.
Tools yang digunakan dalam prinsip-prinsip formulasi blue ocean strategy :
1.
Ciptakan kembali batasan–batasan pasar
2.
Fokus kepada “big
picture” bukan kepada angka
3.
Capailah permintaan pasar yang melebihi dari permintaan yang
sudah ada
4.
Pastikan bahwa langkah demi langkah perencanaan strategis,
dilakukan dengan benar.
Agar
dapat mencipatakan blue ocean, perusahaan
harus merubah “fokus pemikiran
perusahaannya, dari bersaing head to head dengan kompetitor menuju alternatif
yang mungkin, dan dari customer yang sudah ada menuju non customer di industri
tersebut”.
4 actions framework
1.
Reduce :
Faktor – faktor apa yang harus dikurangi dari standar industri?
Pada
maskapai Air Asia mengurangi beberapa faktor yang biasanya terdapat dalam
industri penerbangan saat ini. Misalnya, tidak menggunakan agen-agen penjualan
tiket sehingga dapat mengurangi biaya operasional.
2.
Eliminate : Faktor –
faktor apa yang kita terima begitu saja yang sebenarnya harus
dihilangkan?
Pada
maskapai Air Asia menghilangkan beberapa faktor yang biasanya diterima oleh
masyarakat yang dianggap tidak memberikan manfaat bagi pelanggannya.
Misalnya,tidak menyediakan makanan dan minuman didalam pesawatnya karena waktu
yang dibutuhkan dalam masa perjalanan yang relatif singkat atau pendek.
3.
Raise : Faktor –
faktor apa yang harus ditingkatkan dari standar industri?
Maskapai
Air Asia meningkatkan faktor-faktor yang dianggap oleh masyarakat memberikan
manfaat yang lebih dan menghemat waktu dan biaya. Misalnya, meningkatkan
pelayanan penjualan tiket melalui sistem online sehingga masyarakat dapat
melakukan pemesanan tiket dimana saja dan kapan saja tanpa harus pergi keagen
penjual tiket seperti yang diterapkan oleh maskapai lain.
4.
Create : Faktor –
faktor apa saja yang harus diciptakan yang tidak pernah ditawarkan industri sebelumnya?
Maskapai
Air Asia menawarkan biaya perjalanan yang murah baik perjalanan dalam negeri
maupun luar negeri. Dengan motto yang dimiliki oleh Air Asia bahwa “Sekarang Siapapun Bisa Terbang (Now Everyone Can Fly)”, hal
ini yang selama ini belum pernah ditawarkan oleh maskapai lainnya.
No comments:
Post a Comment